Asyiknya Menikmati Budaya

Ilustrasi budaya | Foto Maxmanroe.com

Penikmat Budaya.id – Bagi kamu yang demen travelling dari satu daerah ke daerah lain sembari mengenal budaya setempat, kamu pasti akan memahami asyiknya menikmati budaya setempat.

Kalau saya, hoho, bukan karena sering travelling, akan tetapi saya demen saja menonton tentang budaya. Apalagi semenjak saya berada dinegeri orang selama dua tahun, disana saya baru menyadari bahwa budaya negara kita benar-benar patut diacungi jempol.

Semua orang tahu kalau Indonesia ini memiliki budaya yang beragam, hanya sayangnya tidak banyak orang yang memunculkannya di media-media sosial. Bisa jadi, karena kita terbiasa melihatnya, maka kita anggap budaya daerah kita masing-masing itu adalah hal yang biasa saja.

Belakangan, semakin sering menikmati budaya-budaya yang saya tonton dan baca, saya baru memahami bahwa dengan kita menikmati dan belajar filosofi dari budaya, kita akan memahami filosofi kita menjadi manusia. EAA.. bahkan nenek moyang kita, walaupun kita anggap jadul, tapi mereka sebenarnya memiliki pemikiran yang sangat maju dan cara berpikirnya pun sangat bijaksana.

Tari Gambyong Jawa Tengah | Foto berbol.co.id

Seperti tarian, dalam tarian ternyata diajarkan gemulainya tangan seperti apa, liukkan tubuhnya harus bagaimana, dan sebagainya. Tarian daerah tidak ditujukan untuk yang penting goyang dan terlihat seksi semata, akan tetapi dalam tarian daerah, setiap gerakannya mengandung filosofi dan ada pelajaran yang dipetik dari mengapa jarinya harus dijentikkan, mengapa harus ada gelengan kepala, serta mengapa geol tubuh penari harus seperti itu.

Selain filosofi, setiap gerakan tarian ternyata memiliki suatu nasihat, yakni bagaimana seorang wanita seharusnya bertingkah laku, bagaimana seorang pria seharusnya menjadi pemimpin dan sebagainya.

Tidak hanya tarian, musik, alat musik, teater dan wayang sekalipun juga secara tidak langsung memberikan banyak pelajaran yang mengasah otak kita sebenarnya, dan mengetuk hati nurani kita layaknya kita belajar agama.

Biar makin asyik, mari kita terus menikmati budaya 😀

Saya sendiri berkeinginan untuk menulis blog ini, selain untuk berbagi, saya ingin me-review ulang apa yang sudah saya pelajari. Jadi jangan sampai setelah saya nikmati budaya yang filosofinya bagus, kemudian, hilang begitu saja, bagai tertiup angin 😀

Salam,

Nana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s