Kenal Batik Dulu, Baru Pakai

Penikmat Budaya.id – Batik selalu menjadi tren fashion di Indonesia, baik dipakai untuk acara formal maupun non formal, apalagi sekarang warna-warna Batik semakin kekinian dan model pakaian ataupun bawahan sangat menggugah selera.

Sebagai penikmat budaya, biasanya saya akan menikmati pakaian-pakaian batik yang saya suka warnanya. Dulu saya tidak terlalu mempedulikan yang namanya motif, mau itu bentuknya miring, garis lurus, ataupun ada bulat-bulat. Yang penting warna dan modelnya menarik dimata, pasti saya beli, dan pakai. Kalau modelnya terlihat formal, maka saya akan pakai untuk acara formal, begitupula kalau modelnya santai, yaa saya pakai untuk bekerja ataupun hangout.

Setelah saya mempelajari Batik akibat kewajiban karena pekerjaan, saya baru memahami kalau Batik itu tidak bisa asal kita pakai saja.

Ada filosofi-filosofi dibalik Batik tersebut. Misalkan Batik Parang, kurang baik kalau kita pakai untuk acara pernikahan. Kemudian kalau ada acara resmi kantor, wah, sebaiknya bagi kita yang masih menjabat sebagai karyawan, lebih baik memakai Batik Parang yang jaraknya agak kecil, karena kalau pakai yang besar, berarti kita menunjukkan bahwa kita adalah bosnya. Bila sang atasan memahami filosofi Batik, bisa jadi ia akan menjadi tersinggung.

So, blog ini bakal saya buat supaya kita bisa sama-sama menikmati keindahan Batik, berikut filosofinya supaya keindahannya semakin menjerat dihati, dan siapa tahu kita bisa mengirim doa-doa tidak tersirat melalui batik yang kita pakai. Hehe.

Salam,

Nana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s