Ku Tapaki Relungkoe

Lir-ilir merupakan salah satu tembang Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Menjadi mualaf bukanlah hal yang mudah bagiku, ada peperangan batin yang menyertaiku. Padahal sebelumnya, aku bukan tipe orang yang taat beragama, malah agama cenderung untuk tertera di KTP saja.

Perpindahan agamaku bukan karena aku menginginkannya, tetapi untuk persatuan dua insan dalam sebuah ikatan pernikahan.

Pasang surut imanku terkadang membuat aku merasa bimbang untuk meneruskan perjalananku atau tidak. Namun aku tetap menjalani sholat, walau bolong-bolong. Aku juga masih suka mendengarkan ceramah dan terkadang mempelajari Islam.

Namun hatiku terasa nyaman dan bergetar ketika aku mendengarkan lantunan ayat yang dilantunkan dalam tembang Lir-ilir. Aku merasa “pulang”.

Penasaran, aku mencari tahu makna tembang Lir-ilir.

Berdasarkan Wikipedia makna tembang tersebut mengajak masyarakat Jawa memeluk, meyakini dan mengamalkan agama Islam secara perlahan tanpa menabrak tradisi yang sudah lama berkembang.

Liriknya sangat sederhana, namun artinya sangat memanggil para kaum pendosa, seperti aku. Sangat mengetuk hati untuk mendekatkan diri pada Yang Kuasa.

Tidak aneh kalau melalui tembang Lir-Ilir ini banyak masyarakat Jawa yang senang akan kesenian, bisa terpikat untuk mempelajari agama Islam.

Aku sendiri sangat menyukai tembangnya, dan mulai hari ini inginku mempelajari agama Islam lebih baik. Semoga hidayahku ini tidak hanya datang padaku hanya untuk sekejap saja, akan tetapi menjadi pintu pertama untuk mempelajari agama Islam lebih mendalam.

Btw, kalau kamu mau menikmati Tembang Lir-ilir untuk merasakan syahdunya dakwah Sunan, silahkan diklik tombol play-nya ya. 🙂

Salam.

Referensi bacaan :

Wikipedia. Lir-Ilir. Diakses tanggal 21 Januari 2021

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s