Makanan Khas Anak Betawi yang Mantap Disantap dan Sehat Pula

Penikmat Budaya.id – Pastinya kamu pernah nonton atau minimal dengar sinetron Si Doel Anak Betawi, yang diperankan oleh Rano Karno, Mandra, Maudy Koesnaedi, dan almarhum Benyamin Sueb. Tentunya kamu pasti juga memperhatikan dialek bahasa Betawi para pemerannya yang cenderung keras, tapi kocak didengar.

Sapaan akrab “lu, gua” pun menjadi bahasa iconic orang Jakarta saat ini, bahkan menurut pengalaman, sapaan “lu, gua” menjadi acuan warga Indonesia agar dianggap “anak gaul” oleh banyak orang dari beragam provinsi. Acuan tersebut bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan Jakarta menjadi ibukota negara Indonesia, sekaligus menawarkan kehidupan modern dan kemajuan teknologi, termasuk kesemerawutan.

Sebagai ibukota negara Indonesia, tentunya banyak brand luar yang hadir di Jakarta. Salah satunya brand makanan, seperti Pizza HUT, McD, KFC, Hoka-hoka Bento, Samwon Express dan brand makanan luar lainnya. Bisa jadi salah satu brand makanan tersebut menjadi makanan favoritmu.

Banyaknya brand makanan luar yang masuk sepertinya agak menggeser keberadaan makanan lokal khas Betawi.

Entah harus kita apresiasi atau kita nilai terpuruk, makanan khas Betawi bukan lagi makanan yang disantap sehari-hari oleh warganya, melainkan disantap kala Jakarta sedang ulang tahun saja, seperti kerak telor, kue rangi, ataupun kue pancong, dan sebagainya.

Artinya makanan khas Betawi tersebut hanya disantap saat istimewa saja.

Padahal kalau ditilik dari segi kesehatan, ternyata makanan khas Betawi ini mengandung gizi yang baik dibandingkan dengan makanan brand luar (negara Barat), lho, karena cenderung memakai rempah alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dan meminimalisir obesitas.

Kerak telor yang lezat sekaligus menyehatkan | Foto Primadaily.com

Sebagai contoh, kerak telor, yang bahan utamanya terdiri atas telur bebek, beras ketan dan parutan kelapa. Dilansir dari SehatQ, bahan utama kerak telor tersebut mengandung nutrisi vitamin B-12 dan karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh.

Sudah mengenyangkan, bergizi pula, dan cenderung minim lemak. Tapi yang pasti jangan berlebihan ya, karena apapun yang dimakan berlebihan tentunya berdampak kurang baik.

Ikan pecak gurame | Foto : Suara.com

Selain, kerak telor, ada juga makanan khas Betawi yang enak disantap dan mengenyangkan, yakni Pecak. Wah, suami saya sangat doyan sekali ikan Pecak. Ia bisa berkali-kali nambah kalau sudah ketemu lauk ikan pecak.

Bumbunya terdiri atas cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit dan jahe, semuanya itu disangrai, kemudian dihaluskan. Saat bumbu tersebut ditumis, kemudian kita tambahkan jeruk limau, daun jeruk, asam jawa, tomat hijau, dan batang serai, supaya makin sedap.

Benar-benar kaya akan rempah alami, dan sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, melawan peradangan, mengatasi mual, memelihara kesehatan jantung, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah alergi dan hidung tersumbat.

Selain itu ada juga makanan khas Betawi lainnya yang gak kalah menarik, yakni wajik Betawi, nasi ulam, sayur besan, laksa Betawi, sayur babanci, dan bubur Ase.

Serta ada juga kue-kue-an khas Betawi, seperti kue rangi, kue pancong, kue sagon dan kue dongal, yang kebanyakan terbuat dari bahan tepung beras, gula aren dan kelapa.

Setelah mengetahui bumbu dasar makanan khas Betawi, coba kamu bandingkan dengan makanan brand luar ala orang Barat yang lezat, namun bahan makanannya cenderung berlimpah lemak. Memakannya setiap hari, ditambah kurangnya aktivitas fisik, bisa mengakibatkan diri kita mudah mengalami obesitas, belum lagi terkena asam lambung, gerd, diabetes dan penyakit lainnya.

Well, sekarang kamu pilih mana makan makanan khas Betawi yang mengenyangkan dan sehat atau makanan brand luar yang cenderung berlemak, nih, guys?

Referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s