Makanan Khas Betawi ala Mpok Nur

Kamu pastinya udah ga asing lagi dengan Soto Betawi.

Yap, Soto Betawi merupakan makanan yang berkuah santan yang isinya ada daging, tetelan, paru, kentang dan tomat merah, juga ditaburi dengan daun bawang sehingga wanginya lebih memikat.

Paling enak itu, makan Soto Betawi pakai nasi putih yang ditaburi bawang goreng, ditambah dengan acar dan cabe rawit disampingnya. Mantapp tenan!! Itulah cara saya makan Soto Betawi.

Nah, Soto Betawi sendiri ternyata baru ada tahun 1977-1978. Menurut informasi yang saya dapat, olahan masakan ini diciptakan oleh Lie Boen Po, dan dijual di THR Lokasari (sekarang bernama Prinsen Park).

Tahun 1991, setelah beliau meninggal, barulah muncul banyak Soto Betawi. Dan biasanya penjualan Soto Betawi selalu diiringi dengan nama yang punya, misalkan Soto Betawi Haji Mamat, Soto Betawi Haji Saleh, termasuk Soto Betawi Mpok Nur.

Soto Betawi Daging Campur ala Mpok Nur. Isian daging dan tetelannya sebenarnya banyak, namun tenggelam dalam kuah, maafkan keahlian fotografer amatir ini | Foto : Dokumentasi Pribadi

Soto Betawi Mpok Nur terletak di lokasi Jakarta Barat, tepatnya di Jl. Nanas RT. 04/ RW.07 No.24, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

Saya paling gemar memakan Soto Betawinya Mpok Nur karena ramuan rasa kuahnya sangat pas dilidah. Kuah santannya tidak terlalu kental, dan tidak terlalu ringan, passs.. Rasa gurih, asin dan manisnya kuah santannya juga seimbang, sehingga lidah kita bisa menikmati makanan dengan baik.

Kalau kata Pak Bondan, “maknyuss”.

Disini kita bisa memilih isian Soto Betawi, ada yang hanya daging saja dan ada juga daging campur.

Kalau daging campur isinya itu ada tetelan, daging sapi, kentang, tomat merah dan daun bawang. Sedangkan daging saja, isinya seperti daging campur, hanya saja tanpa tetelan.

Untuk urusan pedas, kita bisa request ke Mpoknya seberapa pedas yang kita minta. Biasanya kalau saya menyematkan catatan “sambal yang banyak, terima kasih”.

Nah, sambal yang diberikan pastinya berlimpah. Ohya, sebagai informasi, saya selama ini memesannya via Go-Food.

Ikan bawal pecak ala Mpok Nur yang ditaburi sambal kacang dan santan | Foto : Dokumentasi Pribadi

Selain Soto Betawi, ada ragam Ikan Pecak didalam menunya. Ikannya sendiri ada yang Mujair, Nila dan Bawal, kita bisa memilih ikan mana yang disukai.

Nah, bumbu pecak yang menjadi ciri khas makanan khas Betawi memberikan sensasi rasa tersendiri di lidah. Bumbu pecak ini terbuat dari sambal kacang yang dimasak dengan santan. Tentu rasanya menjadi sangat gurih, ditambah lagi bertaburannya cabai merah menciptakan rasa pedas yang mantap.

Suami saya bisa nambah berkali-kali kalau sudah pesan menu Ikan Bawal Pecak. Makan sekali, rasanya tidak cukup.

Untuk kamu yang tertarik mencoba makanan khas Betawi ini, kamu bisa pesan di Go-food dengan username Soto dan Ikan Pecak Mpok Nur, Gg. Nanas Srengseng.

Selamat menikmati makanan khas Betawi, sobat Mojok!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s