Sambal Balado Kekinian yang Cocok dengan Bahan Makanan Apapun

Bagi kamu pecinta sambal, pasti gak asing dengan yang namanya Sambal Balado.

Level sambalnya benar-benar pedas! Dan biasanya kita bakal nemuin sambal ini langsung berupa masakan, seperti telur balado, dendeng balado, dan sebagainya.

Nah, kalau sekarang kita gak perlu lagi repot masak, karena ada sambal balado cepat saji punya beauty selebgram, Vinna Gracia. Sambal Sassi, nama merknya.

Kebetulan saya sering sekali repeat order yang tipe Sambal Balado, karena kecintaan saya pada rasa yang sangat pedas. Rasanya makan tanpa rasa pedas, bagaikan masakan tanpa bumbu.

Balado sejatinya berasal dari bahasa Minangkabau, yang dimasak dengan teknik menumis. Bahan rempahnya antara lain cabe giling, bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis.

Penggunaan bahan rempah selain cabe giling, dipercaya membuat bahan makanan lebih awet, sehingga bisa dimakan untuk hari berikutnya. Lumayan kan irit!

Biasanya balado ini langsung dimasak dengan bahan makanan lainnya, seperti ikan, telur, daging dan sebagainya.

Begitupula dengan Sambal Balado ala Sassi ini yang bisa dimasak dengan bahan makanan apapun. Apalagi kalau lagi malas masak atau sedang terburu-buru menyiapkan makanan, kita gak perlu lagi ribet menyiapkan bahan makanan dan bumbu-bumbunya untuk memasak.

Seperti kemarin, saya lagi malas banget masak, tapi tidak selera untuk membeli makanan luar, maka itu saya menggoreng sosis ayam dan bakso ikan yang dicampur dengan Sambal Sassi.

Setelah ditumis dengan Sambal Sassi, saya pun memakannya dengan nasi putih.

Rasa pedas, asin dan manisnya sang sambal itu sangat pas dilidah, kita tidak perlu menggunakan banyak bumbu masakan untuk mengolah makanan.

Oh, sebagai informasi, untuk menghangatkan atau memasak sambalnya, saya biasanya menggunakan masker agar aroma sambalnya tidak menyengat ke hidung. Jendela pun selalu saya buka, supaya aroma pedasnya tidak terlalu berbaur dengan udara dalam ruangan. Kebayang kan tingkat kepedasan Sambal Balado ala Sambal Sassi?!

Penyimpanannya sendiri sangat mudah, tinggal dimasukkan ke kulkas saja dan bisa bertahan hingga sebulan.

Untuk pilihan jenis sambalnya, selain Sambal Balado, ada Sambal Korek, Sambal Chilli oil, Sambal Puedes Rawit, dan sebagainya.

Bagi kamu yang pecinta sambal Nusantara, tapi males nyambel, nah Sambal Sassi ini bisa menjadi rekomendasi yang bisa kamu stock di rumah. Kalau kamu tertarik mencobanya, kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan username Sambal Sassi Official, atau bisa lihat di Instagramnya dulu untuk melihat keterangan lebih jelasnya.

Salam dari pecinta sambal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s